Brasil Tahan Uji Vaksin COVID-19 China Sinovac, Diduga Terkait Kematian

Brasil meredam tes vaksin COVID-19 bikinan perusahaan Sinovac sebab ada kejadian yang jelek. Kejadian itu berlangsung 29 Oktober 2020 kemarin.

Menurut BBC, Selasa (10/11/2020), Brasil tidak menerangkan selanjutnya faktanya. Faksi Sinovac Biotech belum ingin mulai bicara.

Pada Senin 10 Oktober 2020, regulator Brasil (Anvisa) memilih untuk menginterupsi tes vaksin dari Sinovac sebab “ada kejadian jelek yang serius.”

Sekarang ini, vaksin COVID-19 bikinan Sinovac dites di Indonesia serta Turki. Tes medis di ke-2 negara itu masih bersambung. Tidak ada berita penangguhan.

Regulator Brasil tidak ingin berbicara berkenaan apa yang berlangsung atau di mana posisinya.

Faksi institut klinis Brasil yang melakukan tes medis di Brasil berbicara penahanan tes medis berkaitan dengan kematian. Tetapi, dia berbicara meninggalnya tidak berkaitan vaksin.

Vaksin Sinovac telah dipakai di China dalam program genting.

Awalnya, vaksin AstraZeneca serta Johnson dan Johnson sempat menghentikan tes medis mereka. Sekarang, riset vaksin mereka sudah bersambung.

Kusnandi Rusmil, Ketua Team Tes Medis Babak Tiga Vaksin COVID-19 Kampus Padjajaran, menjelaskan jika dia belum pastikan mengenai hal itu.

“Saya kurang tahu yang berada di Brasil, tapi Brasil itu lakukan tes medis beberapa vaksin, jadi tidak cuma Sinovac saja, yang lain ada juga Moderna,’ kata Kusnandi dalam diskusi yang ditayangkan secara daring dari Youtube FMB9ID_IKP.

Kusnandi menjelaskan, beberapa lalu, sempat memang ada satu peristiwa di mana seorang relawan vaksin COVID-19 alami kelumpuhan, hingga mengakibatkan pengetesan dibatalkan sebentar. Tetapi, dia tidak menguraikan mengenai laporan itu.

“Tetapi sesudah ada penyidikan lebih dalam, rupanya kelumpuhan itu bukan berasal dari vaksin tapi oleh sebab penyakit bawaan yang ada di orang itu. Tapi yang paling akhir ini saya kurang tahu.”

Dia menambah, tes medis vaksin COVID-19 Sinovac di Indonesia sedang berjalan. Penyuntikkan pada 1.620 telah usai serta sudah masuk step kontrol darah relawan secara periodik.

“Tujuannya untuk menilai kandungan zat antibodinya, dari sisi untuk menilai keamanan vaksin, untuk menyaksikan efikasi vaksin,” Kusnandi.

Tes vaksin covid-19 Sinovac di Bandung, Jawa Barat, masuk step akhir. Lalu bagaimanakah keadaan fisik serta kesehatan beberapa sukarelawan tes vaksin asal China itu?

error: Content is protected !!