Dianggap Kerap Hambat Langkahnya, Donald Trump Pecat Menhan Mark Esper

Presiden donald trump mengeluarkan menteri pertahanan mark esper pada senin. 10 november 2020. Dia umumkan keputusan itu di twitter. Serta menulis dalam satu posting jika esper sudah “dihentikan.”

Presiden menulis jika ia menunjuk christopher c. Miller. Yang ia deskripsikan selaku figur “yang paling disegani” dari pusat pengendalian terorisme nasional. Untuk gantikan mark esper.

Miller bisa menjadi petinggi ke-4 yang pimpin pentagon di bawah tuan trump. Begitu diambil dari situs new york times. Selasa (10/11/2020).

Dua petinggi gedung putih menjelaskan jika trump belum usai. Pasalnya christopher a. Wray serta gina haspel yang disebut direktur cia bisa saja baris selanjutnya yang akan dikeluarkan.

Demokrat serta veteran keamanan nasional menjelaskan itu ialah cara yang tidak pasti dalam saat yang tidak jelas di antara pemerintah. Khususnya dengan seorang presiden yang sudah menerangkan jika ia tidak mau memberikan kekuasaan serta jika ia akan memperjelas kembali lagi otoritasnya yang menghilang atas tubuh-badan paling kuat di pemerintahan.

“keputusan presiden trump untuk mengeluarkan sekretaris esper sebab fakta bukan hanya kekanakan. Dan juga ceroboh.” kata perwakilan adam smith. Demokrat washington serta ketua komite angkatan membawa senjata dpr.

Petinggi departemen pertahanan secara individu mengatakan kecemasan jika presiden kemungkinan mengawali operasi. Baik terbuka atau rahasia. Pada iran atau lawan yang lain sepanjang hari-hari terakhir kalinya di gedung putih.

“menurut pengalaman saya. Cuman bakal ada beberapa fakta untuk mengeluarkan seorang menteri pertahanan dengan tersisa 72 hari dalam pemerintah.” kata perwakilan elissa slotkin. Demokrat dari michigan serta bekas petinggi pentagon dalam pemerintah obama. Dalam satu pengakuan.

“diantaranya ialah ketakmampuan atau kekeliruan. Yang nampaknya bukan jadi permasalahan dengan sekretaris esper.” ucapnya.

“yang ke-2 ialah sakit hati. Dan bisa menjadi langkah yang tidak bertanggungjawab untuk jaga keamanan nasional kita. Yang ke-3 ialah sebab presiden pengin ambil perlakuan yang ia yakin akan ditampik oleh menteri pertahanannya. Dan akan mencemaskan. Apa saja faktanya. Tidak pedulikan seorang menteri pertahanan selama saat peralihan yang naik-turun nampaknya meremehkan pekerjaan paling penting presiden: membuat perlindungan keamanan nasional kita.” tutur politikus itu menyikapi pemberhentian mark esper.

Jatuhnya esper sudah diprediksi sepanjang beberapa bulan. Sesudah ia ambil langkah sangat jarang tidak untuk sepakat secara terbuka dengan trump pada juni lalu. Serta menjelaskan jika pasukan militer yang bekerja aktif jangan dikirimkan untuk mengatur gelombang protes di beberapa beberapa kota di amerika.

Menteri pertahanan sadar jika ia kemungkinan akan dikeluarkan. Tapi beberapa petinggi pentagon menjelaskan ia mengharap untuk selalu bekerja.

Walau esper sudah mempersiapkan surat pemunduran diri. Sekutunya menjelaskan ia tidak memikir ada suatu hal yang akan berlangsung dari trump.

Tetapi presiden mengutarakan amarahnya di ruangan oval pada senin pagi. Serta gedung putih cuman memberitahu esper beberapa waktu awalnya mengenai pemberhentiannya.

Dalam surat dua halaman ke trump yang didapat the new york times. Esper berbicara. “saya layani negara dengan menghargai konstitusi. Jadi saya terima keputusan anda untuk gantikan saya.”

Presiden trump lagi mendakwa ada manipulasi dalam pemilihan presiden as. Khususnya lewat metode pengangkutan surat. Dia juga menudur partai demokrat jadi dalang dari manipulasi itu.

 

error: Content is protected !!