Menlu Retno: 501 WNI Dipulangkan dari Detensi Imigrasi Malaysia

Menteri luar negeri ri retno marsudi ungkap. Pada 7 november 2020 indonesia kembali lagi pulangkan seputar 501 wni dari detensi imigrasi di malaysia.

Detensi ialah orang asing yang tinggal di rumah detensi imigrasi satu negara. Umumnya dari mereka adalah masyarakat negara asing yang melalui periode izin tinggal (overstay).

“pada tanggal 7 november lalu. Kembali lagi dikerjakan pemulangan lewat lajur udara sekitar 501 wni dari detensi imigrasi di malaysia ke arah jakarta. Surabaya serta medan.” tutur menteri luar neger retno dalam press briefing secara virtual selasa (10/11/2020).

“semenjak juni 2020 sampai sekarang ini. Kerja sama pemercepatan pemulangan lewat lajur udara itu sudah dikerjakansebanyak 5 kali. Keseluruhan wni yang sukses dipulangkan sekitar 2.407 orang.” lebih menteri luar neger retno.

Dia sampaikan jika kerja sama ini diinginkan tidak saja bisa percepat kembalinya wni. Tetapi kurangi resiko mereka terkena covid-19 dalam detensi.

“selaku wujud kehati-hatian. Semua wni yang dipulangkan itu sudah dikerjakan test pcr saat sebelum keberangkatan keindonesia. Semuanya dipastikan negatif corona covid-19.”

“pemerintahan indonesia mengucapkan terima kasih atas kerja sama pemerintahan serta kewenangan malaysia.”

Tidak cuman 501 wni dari detensi imigrasi di malaysia. Menteri luar neger retno marsudi juha sampaikan info terkini masalah pemulangan abk wni di kapal ikan rrt.

“seperti saya berikan awalnya sudah dikerjakan duakali tatap muka bilateral indonesia – china di tingkat menteri luar negeri yang salah satunya mengulas perlakuan beberapa kasus abk wni di kapal ikan rrt.” tutur menteri luar neger retno.

“bermacam komunikasi serta tatap muka tindak lanjut di tingkat tehnis sudah intens dikerjakan. Alhamdulillah. Karena bermacam usaha itu. Pada tanggal 7november lalu lewat pemulangan 157 abk wni. Termasukdua mayat. Lewat dermaga bitung di sulawesi utara.” sambungnya.

Menteri luar neger retno sampaikan jika beberapa abk itu bekerja di 12 kapal ikan rrt dan diantarkan ke indonesia memakai dua kapal yakni long xin 601 serta long xin 610. Pemulangan langsung memakai lajur laut ini adalah yang pertamanya kali dikerjakan di antara indonesia serta china.

“seterusnya. Kita kerja imbangi pemulangan lewat lajur udara. Ini hari sudah datang 13 abk wni yang stranded di senegal. Pemulangan dari senegal ini hari adalah step paling akhir. Proses pemulangan sudah diawali pada tanggal 27 oktober serta 3 november 2020 lalu semasing sekitar 33 serta 42 abk.

“hingga semua 88 abk wni yang stranded di senegaltelah sukses dipulangkan semua. Usaha ini pun tidak terlepas dari diplomasi kbri dakar dengan pemerintahan senegal di tengah-tengah wabah covid-19 supaya mengizinkan beberapa abk untuk turun kapal serta seterusnya pulang ke indonesia lewat lajur udara.”

Menteri luar neger retno marsudi mengutarakan langkah wni dapat kembali pada tanah air. Ada rangkaian test covid-19 yang perlu dikerjakan wni yang pengin kembali lagi.

 

error: Content is protected !!